Tuesday, July 14, 2009

10 Alasan Utama Untuk Berhenti Bekerja

Berikut adalah 10 alasan utama yang dapat menyebabkan anda berfikir untuk berhenti bekerja. Suatu keadaan yang sulit, jika tidak bisa dikategorikan mustahil, di tempat kerja untuk dipecahkan. Anda harus bisa menentukan apa yang terbaik untuk diri anda. Jika anda mengalami situasi berikut di tempat kerja anda, persiapkan diri anda untuk segera berhenti dari tempat kerja anda.

1/ Perusahaan tempat bekerja anda mengalami penurunan performance yang tajam, kehilangan kostumers, kehilangan banyak uang, dan rumor tentang akan tutupnya perusahaan terus berkembang, potensial kebangkrutan dan kegagalan demi kegagalan kontrak dan tender.

2/ Kehidupan pribadi anda telah berubah. Mungkin anda baru saja menikah dan mempunyai seorang bayi, dan gaji serta waktu bekerja yang tidak lagi sesuai dengan gaya hidup keluarga baru anda. Anda perlu "move on" dan mencari kemungkinan pekerjaan lebih baik untuk meng-support keluarga anda.

3/ Hubungan anda dengan bos anda yang telah rusak dan tak mungkin untuk diperbaiki. Anda telah berusaha memperbaiki dengan segala cara yang mungkin, tetapi tetap saja tak mampu memperbaiki hubungan anda dengan bos anda (mungkin bos anda tidak percaya anda akibat kelalaian anda di masa lampau, ataupun memang bos anda yang memang seorang pencundang), apapun alasannya, hubungan anda dengannya telah rusak.

4/ Anda sudah tidak dapat menikmati pekerjaan anda dan merasa selalu tertekan. Apapun pekerjaan anda, ketika di pagi hari ketika anda berangkat kerja anda sudah merasa tertekan dan tidak senang, inilah tanda-tanda anda harus mencari pekerjaan baru.

5/ Keyakinan anda bertentangan dengan kebudayaan perusahaan. Mungkin perusahaan anda tidak memperkenankan anda untuk sholat jumat walaupun anda seorang muslim, perusahaan anda selalu mengadakan survey kepuasan karyawan setiap tahunnya dan menurut anda hal tersebut hanya buang waktu saja. Apapun pertentangannya, bila kebudayaan sebuah perusaan tidak sesuai dengan hati nurani anda, hal ini dapat menghancurkan kinerja anda di perusahaan tersebut.

6/ Kredibilitas perusahaan anda yang dipertanyakan. Mungkin anda tahu bahwa perusahaan anda berbohong terhadap pelanggan tentang produk yang ditawarkan, anda sadar bahwa perusahaan anda mencuri harta negara, memalsukan dokument kontrak dan sebagainya. Jangan lanjutkan bekerja untuk perusahaan seperti ini, berhentilah sesegera mungkin sebelum perusahaan anda ditutup paksa oleh hukum.

7/ HUbungan kerja anda dengan teman-teman di kantor anda sudah rusak dan memanas. Tidak adanya suasana kondusif di tempat kerja dan rekan-rekan kerja anda saling menjatuhkan. Lagi-lagi, alasan mengapa hal tersebut terjadi tidaklah penting. Carilah pekerjaan baru dan janjikan pada diri anda untuk tidak terjebak lagi di situasi yang sama.

8/ Tingkat stress yang terlalu tinggi dan membahayakan kesehatan anda ataupun merusak keharmonisan hubungan anda dengan teman ataupun keluarga.

9/ Anda tidak bisa berperan seperti yang diekspetasikan perusahaan anda. Tidak mempunyai skill yang dibutuhkan, anda sering absen, dan secara terus menerus gagal menuntaskan tugas anda di pekerjaan anda. Carilah pekerjaan baru sebelum anda diberhentikan perusahaan anda.

10/ Anda tidak merasa adanya tantangan di posisi anda yang sekarang dan tidak termotivasi. Anda berusaha mencari tantangan baru, tapi kesempatan tersebut tidak pernah ada di perusahaan anda. Anda merasa tidak dihargai. Inilah saatnya anda mengupdate CV anda dan mencari pekerjaan baru.

Mempersiapkan diri anda untuk berhenti dan merancang langkah lanjutan anda akan membuat anda lebih baik dan lebih siap. Jangan menunggu anda untuk diberhentikan karena itu akan merusak mental, dan anda cenderung tidak siap.

No comments:

Post a Comment