Thursday, July 9, 2009

7 Kesalahan di tempat kerja yang harus dihindari

Baik disengaja atau tidak, hampir pasti kita semua telah melakukan perbuatan atau kesalahan di dalam karir kita yg kita sesali di kemudian hari. Kita akan merasa bersalah ataupun kesal sendiri ketika kita mengingatnya.

Sepanjang karir saya di Singapura, sudah lama saya mengamati bahwa justru banyak dari kita yg meng-sabotase karir kita sendiri tanpa disadari.

Berikut adalah kesalahan-kesalahan yang patut kita ingat dan hindari:

1/ Provokasi and tidak jujur

Mungkin hingga saat ini, tindakan anda seperti di atas belum ada yg mengetahui ataupun menyadarinya. Tetapi ingat, suatu saat akan ada seseorang yang dapat mencium tindak-tanduk anda. Pada saat itu, berlakulah satria dengan mempertanggung-jawabkannya. Jangan berlaku seperti anak berumur 3 tahun yang tidak mengaku memakan kue coklat walaupun mulutnya masih berlumuran coklat ketika tertangkap.

2/ Tindakan Ilegal

Saya tidak mengacu kepada tindakan-tindakan kecil seperti membawa pulang alat tulis kantor ke rumah. Saya lebih mengacu kepada hal seperti mencuri laptop kantor, membuat klaim pengeluaran palsu, atau mencuri informasi konfidensial kantor untuk diberikan kepada teman yang bekerja untuk kompetitor. Jangan kuatir tentang kehilangan pekerjaan anda, tapi fokuslah untuk mencari pengacara handal untuk menghindari anda masuk penjara.

3/ Missing in Action ketika jam kerja

Setiap orang pernah pulat lebih cepat, datang terlambat, ataupun makan siang dengan waktu yang lebih lama dari waktu yang telah ditentukan. Tapi bukan berarti hal ini dilakukan setiap saat atau setiap hari. Yang lebih parah lagi adalah ketika anda membuat notice di meja atau pintu kantor anda bahwa anda sedang meeting, padahal sebenarnya anda sedang berbelanja ataupun ke salon.

4/ Menjadi Penjilat

Selalu ada saja orang yang berlaku menjilat di setiap kantor dimanapun kita bekerja. Anda mengetahui tipe tersebut, mereka menggunakan mulut halus berbisa-nya untuk mengejar ambisi karir mereka. Hal ini dilakukan karena mereka hanya mempunyai sedikit keahlian kerja yang bisa ditawarkan.

Bila hal diatas terlihat seperti anda, ini saatnya anda untuk berhenti bekerja dan mengganti pekerjaan baru dimana anda mempunyai keahlian nyata. Ketika anda mempunyai keahlian nyata dalam bekerja, maka anda tak perlu kuatir untuk menjilat rekan kerja anda.

5/ Berbuat bodoh ketika menghadiri acara resmi kantor

Setiap eksekutif kantor akan menghadiri acara resmi kantor, baik dengan klien ataupun tanpa klien. Jangan minum berlebihan hingga mabok, ataupun berakting laksana romeo ataupun arjuna kantor. Walaupun anda tidak di kantor, tapi anda berada di acara resmi kantor, berlakulah bak profesional.

6/ Seks and Bekerja

Bekerja dan seks tidak bisa disatukan (kecuali untuk prostitusi). Baik ketika anda melakukan seks kilat di ruang kantor yang kosong, ataupun terlibat asmara dengan (menikah atau bujang) bos anda. Kecuali anda telah siap dengan segala konsekuensinya dan tercorengnya reputasi anda, saya sangat tidak menganjurkan hal ini untuk dilakukan.

7/ Profesional Image yang tidak terjaga

Di banyak negara saat ini, dress code dalam bekerja banyak yang sudah mulai santai. Akan tetapi, hal dibawah ini tetap tidak disarankan untuk dipakai:

- Material yang berasal dari kulit, seperti baju, celana, rompi, dsbnya kecuali untuk sepatu.
- Perhiasan yang berlebihan.
- Memakai parfum yang berlebihan
- Memakai pakaian kotor, tidak di setrika, atau keduanya.

Smoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment