Tuesday, June 23, 2009

Mempertahankan Sikap Positip

Mempertahankan sikap mental yang positip adalah hal paling sulit untuk dilakukan ketika anda belum mendapatkan jalan keluar dari masalah yang sedang anda hadapi.

Jalan untuk keluar dari kemiskinan dan kegagalan hanya bisa dilalui oleh pikiran yang jernih dan positip. Dan pikiran anda hanya akan bisa menolong anda jika anda memberikan pertimbangan secara positip untuk dicerna. Ketika anda telah berhasil melihat setiap masalah yang anda hadapi sebagai tantangan positip, maka akan lebih mudah bagi anda untuk percaya diri menghadapi masalah tersebut. Toh ketika anda lebih memilih untuk pesimis, anda pun harus menghadapi masalah yang sama.

Winston Churchill pernah berkata "Orang yang pesimis akan melihat kesulitan dari setiap kesempatan yang menyapanya, orang yang optimis akan melihat kesempatan dari kesulitan yang dihadapinya".

Action Point:

Mengapa anda membiarkan suatu kesulitan menjadi beban hidup, bukan malah menganggapnya sebagai tantangan?

Bukankah setiap manusia terlahir untuk menghadapi berbagai kesulitan di dalam hidupnya? Jika anda menganggapnya sebagai beban, berarti anda akan terus terbebani seumur hidup.

Diam sejenak, pikirkan dan amati diri anda ketika anda menghadapi suatu permasalahan atau tekanan. Bagaimana anda bereaksi? Apakah anda secara otomatis fokus ke "sulit"nya permasalahan tersebut? Apakah anda berfikir "mengapa harus saya?"

Berupayalah untuk fokus dengan pikiran anda. Fokus terhadap apa yang anda dapat pelajari dari permasalahan yang anda hadapi, dan lihat permasalahan tersebut sebagai tantangan. Pertahankan dengan segala upaya untuk tetap konsisten berfikir positip, dan lambat laun, hal ini akan menjadi karakter kuat anda.

No comments:

Post a Comment