Wednesday, June 24, 2009

Menindaklanjuti Surat Lamaran Kerja

Anda telah mengirim surat lamaran kerja ke perusahaan yang anda dambakan,tentunya anda akan menantikan panggilan interview oleh perusahaan tersebut. Tetapi anda belum mendengar kabar dari perusahaan itu. Apa yang anda bisa lakukan selanjutnya? Anda bisa saja terus sabar untuk menunggu, dengan anggapan perusahaan tersebut akan menghubungi anda jika tertarik, atau anda dapat memilih dengan penuh inisiatif untuk menindaklanjuti surat lamaran kerja anda.

Bagaimana caranya?

Jika anda tidak mendengar berita setelah lebih dari 2 minggu, akan sangat bermanfaat jika anda menindaklanjuti surat lamaran kerja anda yang telah anda kirim. Pengusaha ataupun pencari tenaga kerja biasanya lebih memilih untuk ditindak lanjuti melalui email. Jika tidak ada email yang terdaftar, cobalah untuk mengirim surat singkat atau telepon. Jika tidak ada email, alamat atau nomor telepon yang terdaftar, dan telah dikatakan untuk tidak menghubungi perusahaan, ikuti petunjuk dan jangan menindaklanjuti.

Yang harus ditanyakan ketika menindaklanjuti:

- Apa proses selanjutnya dalam perekrutan? apakah semua kandidat akan dihubungi?
- Apakah perusahaan memerlukan informasi tambahan tentang anda sebagai kandidat? atau anda juga bisa dengan aktif menambahkan beberapa informasi penting tentang diri anda yang menambah nilai positif anda dimata perusahaan.
- Jika anda berencana mengunjungi lokasi perusahaan, beritahukan pihak perusahaan waktu dan keinginan kuat anda untuk bertemu mereka, tanyakan kemungkinan untuk proses interview ketika anda mengunjungi perusahaan tersebut.

Semoga hal ini bisa membantu anda mendapatkan kerja yang anda inginkan.

No comments:

Post a Comment