Monday, June 22, 2009

Strategi Piramida Marketing (Berbasis Komisi) Yang Kurang Menguntungkan

Banyak orang yang sudah terjebak, biasanya bagi pelamar kerja yang baru lulus dan yang kurang berpengalaman. Pelamar yang direkrut diwajibkan untuk merekrut orang lagi untuk dijadikan bawahan dan akan mendapatkan pendapatan lebih dibanding bekerja tanpa bawahan. Sebenarnya tidak ada yang salah, hanya saja system ini memaksa pekerjanya bekerja full-time untuk merekrut bawahan dengan sistem komisi yang sangat kecil dan seringkali dibawah UMR.

Tentu saja tidak ada larangan untuk melamar kerja dan bergabung dengan mereka. Beberapa diantara kita bahkan bisa sukses. Salah satu teman penulis berhasil membayar uang pinjaman dana kuliah di singapura (SGD $40.000), hanya dengan bergabung dengan bisnis diatas selama enam bulan. Tetapi, anda jangan mudah terlena. Banyak juga yang akhirnya keluar dengan tangan hampa dan bahkan kehilangan nyawa. Terlebih lagi jika bergabung dengan perusahaan investasi, resiko kehilangan uang 100% pun bisa terjadi dan membuat anda putus asa.

Perusahaan yang sering menggunakan tehnik diatas:

1/ Perusahaan MLM (Multi Level Marketing)
2/ Perusahaan Asuransi
3/ Perusahaan Perbankan (Kredit/Loan, Kartu Kredit, dll)
4/ Forex, Valas, Salam, Reksa Dana dan semacamnya.

Sekali lagi berhati-hatilah menentukan langkah anda ketika anda akan melamar kerja. Jangan tergesa-gesa mengambil keputusan tetapi juga jangan hanya diam berpangku tangan. Teruslah berusaha, berusaha, berusaha, dan juga berdoa.

No comments:

Post a Comment