Sunday, June 21, 2009

Mencari Kerja Untuk Remaja

Sebelum anda memulai mencari dan melamar kerja, sangat penting bagi anda untuk memutuskan apa yang ingin anda lakukan. Meskipun anda mungkin tidak mempunyai pengalaman, ada berbagai posisi tersedia untuk pemula ataupun remaja.

Misalnya, jika anda suka binatang, cek dengan dokter hewan setempat atau tempat penangkaran khusus hewan untuk melihat apakah mereka bersedia mempekerjakan anda. Biasanya mereka dengan senang hati melatih para remaja yang mencintai binatang untuk dipekerjakan. Jika anda lebih suka bekerja dengan anak-anak, periksalah tempat-tempat pusat penitipan anak. Fast food restoran dan supermarket biasanya juga mengandalkan pekerja tanpa pengalaman dan bersedia untuk melatih karyawan baru. Perpustakaan setempat dan toko-toko buku juga sering mempekerjakan remaja untuk membantu mereka merapikan buku-buku terhampar yang telah dibaca pelanggan mereka. Terkadang, taman hiburan juga sering menawarkan berbagai proyek pertunjukan untuk para remaja.

Berikut adalah beberapa pekerjaan part-time yang tersedia untuk remaja:

- Menjaga bayi/anak kecil ketika weekend
- Menjaga binatang rumah ketika yang punya perlu keluar rumah
- Merapikan pekarangan (halaman) rumah
- Pekerjaan rumah tangga/pembersihan
- Mengajar les privat di rumah
- Kasir di supermarket
- Asisten toko
- Pelayan di Fast Food restoran
- Bekerja di hotel/resort
- Tim penyelamat di Kolam Renang
- Mengkontrol keramaian di tempat-tempat hiburan
- Asisten di perkantoran (data entry, clerk, office boy)
- Asisten di taman hiburan
- Asisten untuk dokter hewan atau tempat penangkaran hewan

Pastikan anda telah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Di beberapa negara, jika anda berumur dibawah 18 tahun, anda memerlukan surat ijin tertulis dari pihak sekolah dan orang tua untuk dapat mulai bekerja.

No comments:

Post a Comment